Dahlan Iskan Ikut Panen Padi di Tasikmalaya

Metrotvnews.com, Tasikmalaya: Menteri BUMN Dahlan Iskan ikut melakukan panen raya padi program Gerakan Peningkatan Produksi Pangan Berbasis Korporasi (GP3K) Badan Usaha Milik Negara (BUMN), di Kampung Cihonje, Desa Sukakarsa, Kecamatan Sukarame, Kabupaten Tasikmalaya, Ahad (7/4).
Pada acara itu, Dahlan didampingi Dirut PT Pupuk Indonesia Arifin Tasrif, Dirut PT Pupuk Kujang Bambang Tjahjono, Kepala Dinas Pertanian Tasikmalaya dan sejumlah tokoh masyarakat.
Panen padi program GP3K masa tanam I tahun 2012/2013 ini merupakan kelanjutan pada tahun sebelumnya, di mana Tasikmalaya mencatat surplus 257.419 ton setara beras pada 2012.
Melalui Kemitraan dan Bina Lingkungan PT Pupuk Kujang dalam GP3K ini yang memberikan bantuan berupa modal, benih, dan pupuk kepada para petani, telah memacu surplus sekaligus dapat mendukung Program Peningkatan Beras Nasional (P2BN) di Kabupaten Tasikmalaya.
Menurut data, total lahan sawah di Tasikmalaya mencapai 49.506 hektare, di mana tanaman padi yang cukup besar terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) wilayah ini.
Pada kesempatan itu, selain ikut memanen padi secara langsung ke sawah, Dahlan juga berdialog dengan petani dan masyarakat. Dahlan menimbau petani untuk mengikuti cara-cara yang ditetapkan penyuluh GP3K yaitu menggunakan pupuk dengan komposisi 2, 3, 5 yaitu, 2 kuintal Urea, 3 kuintal NPK, dan 5 kuintal Organik.
“Dengan komposisi seperti itu maka kesuburan tanah tetap terjaga, dan hasil panen maksimal,” ujar Dahlan.
Dalam dialog tersebut, seorang petani, Samad, menyampaikan bahwa hasil pertanian pada tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya, dengan berharap program GP3K ini terus diperluas.
Melihat tingginya antusias petani dalam program GP3K, Dirut Pupuk Kujang Bambang Tjahjono mengatakan, pihaknya siap menjamin ketersediaan pupuk, tidak hanya di Tasikmalaya, tapi di seluruh Jawa Barat.
“Pupuk selalu tersedia. Tapi jika ada perbedaan harga maka segera laporkan kepada kami,” kata Bambang.
Dalam menjamin keberhasilan program GP3K ini, Pupuk Indonesia juga menyiapkan tim yang disebut “brigade hama” yang langsung terjun ke lapangan jika mendapat laporan ada hama di sawah petani.
“Kalau terdapat hama di sawah, langsung segera dilaporkan, tim brigade hama akan langsung melakukan pemberantasan agar diatasi dan tidak sempat meluas,” kata Dirut Pupuk Indonesia Arifin Tasrif. (ANT)

http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/04/07/6/144677/Dahlan-Iskan-Ikut-Panen-Padi-di-Tasikmalaya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s