Berdayakan Generasi Muda Jadi Pengusaha

Sabtu, 06/04/2013 – 17:20

 

BANDUNG, (PRLM).- Jumlah pengusaha Indonesia kurang dari satu persen atau baru sekitar 0,8 persen. Padahal teori ekonomi yang berlaku di dunia mengatakan negara tidak akan maju kalau jumlah pengusahanya tidak mencapai dua persen. Oleh karena itu, Indonesia harus dapat memberdayakan generasi muda sejak dini untuk menjadi pengusaha.

Demikian dikemukakan Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan dalam Seminar Youth Entrepreneur Program “To Be The Top Entrepreneur” di Aula Universitas Islam Bandung (Unisba) Jln. Tamansari, Kota Bandung, Sabtu (6/4/13).

Lebih lanjut Dahlan memaparkan untuk meningkatkan jumlah pengusaha dapat dilakukan dengan memberdayakan usaha kecil menengah seperti yang dilakukan negara Taiwan. Selain itu dapat juga dilakukan dengan membangkitkan perusahan-perusahaan besar seperti di Korea Selatan yang sebagian besar perusahaan besar yang memajukan negaranya. Bahkan Singapura mampu memajukan negara dengan membangkitkan perusahaan-perusahaan negara yang dimiliki.

“Jadi teori mana yang benar? Ketiga-tiganya sudah terbukti dan kita tidak perlu memperdebatkan mana yang paling benar. Terpenting mau atau tidak mau kita berusaha? Di Indonesia ketiga sudah ada. UKM, perusahaan negara, perusahaan besar dikembangkan. Kita akan membuktikan berhasil atau tidak dari ketiganya,” kata Dahlan.

Menurut dia, dari ketiga teori itu harus dikembangkan di Indonesia karena ketiganya telah terbukti berhasil di negara-negara lain. Tinggal bagaimana Indonesia dapat mengembangkan ketiga hal yang sudah dimiliki tersebut untuk memajukan negara.

Amerika tidak punya perusahaan negara sedangkan China semuanya perusahaan negara juga berhasil. Jadi kebenaran teori itu sudah terbukti untuk membangun negara. (A-208/A-88)***

http://www.pikiran-rakyat.com/node/229954

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s