Dahlan Iskan: Jadi Pengusaha Bukan Karena Keturunan

Sabtu, 06/04/2013 – 17:58

BANDUNG, (PRLM).- Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengemukakan bangsa Indonesia secara budaya mayoritas berprofesi sebagai petani. Akan tetapi menjadi pengusaha tidaklah berdasarkan keturunan. Orang yang berasal dari keturunan bukan pengusaha pun bisa menjadi pengusaha.

“Mitos itu terbantahkan karena saya bukan lahir dari keluarga pedagang. Ayah saya petani dan ibu saya buruh batik tapi saya bisa menjadi pengusaha. Saya tidak percaya jadi pengusaha karena keturunan tapi karena penularan,” ujarnya dalam Seminar Youth Entrepreneur Program “To Be The Top Entrepreneur” di Aula Universitas Islam Bandung (Unisba) Jln. Tamansari, Kota Bandung, Sabtu (6/4/13).

Lebih lanjut dia mengatakan penularan adalah proses untuk how to do sedangkan how to know diperoleh di universitas. Untuk berbisnis tidak sekedar how to know tapi how to do. Oleh karena itu tidak ada teori yang mengatakan kapan tepatnya mulai jadi pengusaha. Akan tetapi doktrin yang ada mulailah usaha sedini mungkin. Dengan memulai usaha sedini mungkin. maka jika menghadapi kegagalan pun lebih baik ketika masih muda saat usahanya masih kecil.

“Lebih baik kegagalan dialami saat masih muda saat usahanya masih kecil sehingga kalau gagal yg dipertaruhkan sedikit. Kalau gagal masih mahasiswa dapat lebih mudah bangkit lagi,” ujar pengusaha media massa itu.

Bagi Dahlan, pengusaha yang matang adalah pengusaha yang mampu bangkit setelah berkali-kali mendapatkan kegagalan. Kemauan keras menjadi kunci sukses dalam menjalankan usaha pasca ditimpa kegagalan.

“Kemauan teruji saat dia gagal berkali-kali tapi mampu bangkit lagi. Kemauan keras jadi kunci dri kesuksesan usaha bukan karena marketing atau persaingan,” kata Dahlan. (A-208/A-88)***

http://www.pikiran-rakyat.com/node/229957

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s